Untuk Saat ini, setiap mahasiswa untuk menulis karya ilmiahnya  pasti tidak akan lepas dari penggunaan program Mendeley. Mendeley sendiri adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti. [Sumber: Wikipedia Id.]

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMBengkulu) Menyelenggarkan Kegiatan Pelatihan Mendeley Untuk Para Mahasiswa semester 5 & 7 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang diadakan pada hari Rabu, 06 Desember 2023 yang dilaksanakan di Aula Lantai 6 Gedung KH. Ahmad Dahlan Kampus IV UMBengkulu.

Acara dibuka oleh Dekan FAI UMBengkulu Dr. Dedy Novriadi, M.Pd.I yang dalam pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan Bentuk implementasi dari salah satu program kerja UMBengkulu dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang penulisan karya ilmiah.

Untuk pemateri yang mengisi pada kegiatan ini ialah Bapak Yuza Rezwan, M.Kom (Dosen Fakultas Teknik UMBengkulu) Pemateri 1 & Ibu Meri Susanti, SI.Pust, MM (Pustakawan UMBengkulu) Pemateri 2. Pelatihan aplikasi Mendeley ini berlangsung sekitar 2 jam yang mana pemateri menyampaikan terlebih dahulu Aplikasi Mendeley dan cara Menginstall di laptop masing2 mahasiswa, kemudian dilanjut dengan pemaparan materi cara penggunaan dan manfaat- manfaat Mendeley, dalam kegiatan tersebut mahasiswa langsung praktek dikarnakan wajib membawa Laptop. Kegiatan di moderatori oleh Syukri Amin, M.A.