1. Pengertian HIMA

HIMA merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa yang memiliki arti sekumpulan mahasiswa yang memiliki tujuan sama di universitas, akademi atau institut.

2. Kegiatan Ekstrakurikuler

HIMA merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa menjadi wadah untuk belajar mata kuliah, sharing wawasan dengan teman dan dosen serta hal bermanfaat lain.

3. Kegiatan Yang Dilakukan

Apa itu Himpunan Mahasiswa dan tugasnya? Sebagai wadah yang menampung aspirasi mahasiswa, kegiatan HIMA berkaitan dengan konteks keilmuan, penalaran, pengembangan bakat, dan profesionalisme mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat kelak.

4. Anggota Bisa Bertemu Banyak Teman Baru

Kuliah di kota besar yang jauh dari orangtua bisa menyisakan rasa sepi dalam hati. Namun, Kamu tidak akan merasakan hal tersebut saat bergabung dengan teman satu jurusan atau fakultas yang sama di HIMA. Mereka bisa menjadi keluarga kedua buat Kamu selama merantau di kota, lho!

5. Bisa Menjadi Wadah Berkenalan Dengan Dosen

Jangan ragu untuk mengikuti HIMA sebab Kamu bisa berkenalan dengan dosen atau profesor yang mengajar di jurusan. Siapa tahu Kamu bisa mendapatkan akses belajar atau mendapatkan saran akademis dari ahlinya.

6. HIMA Bekerja Sama Dengan BEM

HIMA merupakan organisasi tingkat jurusan yang bertujuan membentuk mahasiswa memiliki kepribadian dan pola pikir yang sesuai disiplin ilmu. Tak jarang HIMA perlu bekerja sama dengan BEM agar tidak bentrok jadwal dan bisa menyelesaikan masing-masing program kerja dengan maksimal.

7. Menjadi Wadah Hobi

HIMA merupakan organisasi yang bisa menjadi wadah untuk melakukan hobi dengan teman yang memiliki minat yang sama.

8. Belajar Leadership

Sama seperti organisasi kampus yang lain, HIMA mengajarkan mahasiswa yang mengikuti organisasi untuk disiplin, percaya diri, pandai berkomunikasi, dan memiliki jiwa leadership. Leadership atau kepemimpinan yang baik akan mendukung masa depan mahasiswa terkait.

9. Mengisi Waktu Lebih Produktif

Ada mahasiswa yang lebih tertarik menjadi mahasiswa kupu-kupu agar bisa fokus belajar. Namun, Kamu bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan seru saat bergabung menjadi anggota HIMA. Saat ada materi yang kurang paham, Kamu malah bisa bertanya pada teman yang lebih mengerti materi tersebut. Waktu luang selain belajar dan mengerjakan tugas bisa diisi kegiatan yang lebih menarik.

10. Have Fun

Selain menjadi media sharing keilmuan, HIMA cocok untuk Kamu yang ingin bersenang-senang dengan teman satu jurusan. Banyak kegiatan atau program kerja yang bisa memberikan kesempatan have fun. Kamu bisa mengelola stress dari tugas kuliah yang menumpuk dengan event menarik dari HIMA.