WORKSHOP HIMA PAI

Peningkatan Kemampuan Softskill Mahasiswa PAI

Soft skill merupakan keterampilan interpersonal yang sangat dibutuhkan saat berinteraksi dengan orang lain dan juga mencakup kemampuan intrapersonal yang merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri.

Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang.

Pada jaman ini banyak persaingan di dunia kerja, bahkan persaingan tersebut tidak meliputi kemampuan hardskill tetapi softskill sangat berperan penting disini. Biasanya saat ini dibutuhkan pendidik yang cekatan dalam bekerja, selalu mempunyai inisiatif, bisa bekerja secara tim dan mampu mengembangkan diri, karena soft kill mempunyai arti penting dimana manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi, berkomunikasi, dapat mengambil keputusan , dan memecahkan masalah.

Modal sukses di lapangan pekerjaan sofskill memegang 80% nya. Perlu di ketahui bahwa selain hard skill kita juga membutuhkan soft skill dimana soft skill akan sangat berpengharuh terhadap kualitas mahasiswa.

Pendidikan soft skill tentu menjadi kebutuhan penting dalam dunia pendidikan, dalam hal ini guru. Karena guru akan menjadi teladan bagi para siswa, yang meliputi bagaimana guru terampil dalam menerapkan manajemen diri (berkomunikasi, memimpin, membina hubungan dengan orang lain, dan mengembangkan diri).

Kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Softskill Mahasiswa PAI yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Pendidikan Agama Islam dengan tema “Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Mahasiswa yang cerdas, Kreatif dan Inovatif” yang dilaksanakan pada Hari: Sabtu tanggal 02 Juli 2022 bertujuan untuk menjadi